STRATEGI OPERASI

, Posted by Wr Kheru at 06.14

Strategi operasi merupakan fungsi operasi yang menetapkan arah untuk pengambilan keputusan yang diintegrasikan dengan strategi bisnis melalui perencaan formal. Menghasilkan pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan keunggulan bersaing bagi perusahaan.

Tipe :
1. Strategi produksi biaya rendah, melalui penekanan biaya produksi :
  • Teknologi tinggi, biaya tenaga kerja rendah, tingkat persediaan rendah, mutu terjamin.
  • Bagian pemasaran dan keuangan mendukung.
2. Strategi inovasi produk dan pengenalan produk baru :
  • Harga bukan masalah dalam pemasaran.
  • Fleksibilitas dalam pengenalan produk baru.

PERENCANAAN PABRIK

Perencanaan pabrik (factoy planning) angat penting karena diperlukan untuk menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai dengan efektif dan efisien.

Perencanaan Pabrik :
  • Penentuan lokasi pabrik
  • Perencanaan bangunan pabrik
  • Penyusunan peralatan pabrik
  • Penerangan, pengaturan suara rebut, dan udara dalam pabrik.

Pemilihan Lokasi Pabrik

Penentuan atau pemilihan lokasi pabrik adalah penting, karena mempengaruhi kedudukan perusahaan dalam persaingan, dan kelangsungan hidupnya. Penentuan lokasi pabrik juga harus mempertimbangkan kemungkinan ekspansi.

Tujuan Perencanaan Lokasi Pabrik

Tujuannya adalah agar perusahaan dapat beroperasi dengan lancar, efektif dan efisien. Penentuan lokasi memperhatikan faktor biaya produksi & biaya distribusi barang yang dihasilkan & faktor lokasi sangat penting untuk menurunkan biaya operasi.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lokasi Pabrik :
Faktor utama :
  • Lingkungan masyarakat
  • Kedekatan dengan pasar
  • Tenaga kerja
  • Kedekatan dengan bahan mentah dari pemasok
  • Fasilitas dan biaya transportasi
  • Sumberdaya alam lainnya
Faktor sekunder
  • Harga tanah
  • Dominasi masyarakat
  • Peraturan tenaga kerja
  • Rencana tata ruang
  • Kedekatan dengan lokasi pabrik pesaing
  • Tingkat pajak
  • Cuaca/iklim
  • Keamanan
  • Peraturan lingkungan hidup
Pendekatan situasional atau contingency adalah penentuan lokasi berdasarkan faktor terpenting menurut kebutuhan dan kondisi masing-masing perusahaan. Misalnya :
  • Dekat dengan pasar
  • Dekat dengan sumber bahan baku saja
  • Tersedia tenaga kerja
Perangkap Dalam Pemilihan Lokasi
  • Lokasi sulit mendapatkan tenaga kerja .
  • Lokasi dengan harga tanah murah, tetapi kondisinya jelek sehingga perlu biaya mahal untuk membuat pondasi.
  • Lokasi diluar kota dengan harga murah, tetapi fasilitas prasarana jalan dan saran transportasi belum dibangun.
  • Lokasi di sekitar pemukiman dan sulit membuang limbah.

Tahap Pemlihan Lokasi Pabrik
  • Melihat kemungkinan beberapa alternatif daerah yang akan dipilih.
  • Melihat pengalaman orang lain dan pengalaman sendiri untuk menentukan lokasi pabrik.
  • Mempertimbangkan dan menilai alternatif pilihan yang menguntungkan.
Pemilihan Berbagai Alternatif Lokasi :
Dasar pertimbagan perbandingan :
Faktor objektif :
  • Tenaga kerja
  • Biaya bahan mentah
  • Transportasi
  • Pajak
  • Pasar potensial
  • Faktor subjektif :
  • Kegiatan serikat buruh
  • Kondisi cuaca
  • Iklim politik
  • Sekolah
Metode Pemilihan Lokasi
1. Analisis dengan metode Delphi (nilai bobot)
2. Analisis biaya untuk penentuan lokasi
3. Metode analisis ekonomi

Perencanaan Fasilitas Produksi
Rancangan fasilitas mencakup :
  1. Berapa besar kapasitas yang diperlukan
  2. Kapan kapasitas diperlukan
  3. Dimana kapasitas ditempatkan
Strategi rancangan fasilitas :
1. Peramalan permintaan pasar
2. Perluasan kapasitas
3. Perilaku pesaing
4. Perilaku pekerja dan pelanggan
5. Strategi bisnis perusahaan
6. Kondisi internasional/globalisasi

Ukuran Fasilitas :
  1. Economics of scale : biaya fasilitas dan biaya operasi tidak akan bertambah, apabila volume produksi bertambah. Apabila volume produksi bertambah, maka biaya perunit akan turun. Makin besar volume kapasitas, maka makin kecil biaya per unit produk.
  2. Diseconomics of scale : apabila produksi dan kapasitas bertambah besar, maka akan mengakibatkan biaya fasilitas meningkat dan biaya per unit meningkat. Tambahan biaya produksi tidak sebanding dengan tambahan output.
Jenis Fasilitas
  1. Fasilitas yang diutamakan pada produk atau product focused facility.
  2. Fasilitas yang diutamakan pada keinginan pasr atau market focused facility.
  3. Fasilitas yang diutamakan pada proses produksi atau process focused facility.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Berbaik hatilah dengan memberikan komentar yang dapat membangun :)

Related Posts with Thumbnails